Rabu, 13 Februari 2013

Mutiara Quran : Quraish Shihab tentang Ulul Albab


Prof. Dr. Quraish Shihab membeberkan mutiara Quran tentang ulul albab yang terdapat dalam surat Ali Imran 190-191. Simak mutiara Quran ini semoga kita semua termasuk dalam golongan ulul albab.
Mutiara Quran Ali imran 190-191

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi ulul albab (orang-orang yang berakal), (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran 190 – 191)
Tentang Ulul Albab | Mutiara Quran
Yang dinamakan ulul albab adalah orang-orang yang:
·        Terus mengingat Allah dengan ucapan atau hati, di dalam semua situasi dan kondisi.
·        Memikirkan tentang penciptaan dan sistem alam semesta
·        Berkata sebagai kesimpulan:
Allah tidak menciptakan alam raya ini dengan sia-sia tanpa tujuan yang hak. Apa yang kami alami, atau dengar dari keburukan atau kekurangan, Maha Suci Engkau dari semua itu. Itu adalah ulah atau dosa dan kekurangan kami yang dapat menjerumuskan kami kedalam siksa neraka, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Terlihat bahwa objek dzikir adalah Allah SWT, sedang objek fikir adalah makhluk Allah berupa fenomena alam semesta. Pengenalan kepada Allah lebih banyak dilakukan oleh kalbu. Sedangkan pengenalan alam raya didasarkan pada penggunaan alam, yakni berpikir. Akal memiliki kebebasan seluas-luasnya untuk memikirkan fenomena alam, tetapi ia memiliki keterbatasan dalam memikirkan Dzat Allah. Hal ini dapat dipahami dari yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim melalui Ibnu Abbas: “Berpikirlah tentang makhluk Allah dan jangan berpikir tentang Allah“.
Manusia yang membaca lembaran alam raya niscaya akan mendapatkan Allah sebelum manusia mengenal peradaban mereka yang menempuh jalan ini telah menemukan kekuatan itu (Allah Swt). Walau nama yang disandangkan untuknya bermacam-macam seperti; Penggerak Pertama, Yang Maha Mutlak, Pencipta Alam, Kehendak Mutlak, Yang Maha Kuasa, dan sebagainya. Bahkan seandainya mata tidak mampu membaca lembaran alam raya, maka mata hati dan cahayanya akan menemukannya karena memandang atau mengenal Tuhan ada dalam jangakauan kemampuan manusia melalui lubuk hatinya. | Sumber bacaan mutiara Quran tentang ulul albab : www.lembagastudiislam.blogspot.com dengan kata kunci mutiara quran dan mutiara hikmah quraish shihab tentang ulul albab
***
Demikianlah mutiara Quran yang perlu kita pahami dan amalkan. Semoga kita termasuk orang-orang yang disebut dengan ulul albab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Malang, Jawa Timur, Indonesia
''------------------------------------------------------------''