Diantara sunnah-sunnah yang dituntunkan oleh syariat kita
pada bulan Ramadhan adalah shalat Tarawih. Hadits-hadits Nabi yang mulia telah
banyak yang menerangkan tentang keutamaan shalat tesebut.
Berkaitan dengan hal
itu, terdapat sebuah hadits yang masyhur, khususnya di Indonesia, yaitu “30 keutamaan
shalat tarawih” atau “keutamaan shalat tarawih per malam”. Apakah hadits itu
shahih ? Bolehkah kita menyampaikannya di tengah-tengah kaum muslimin? Berikut
ini sedikit bahasan untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Teks hadits
عن علي بن ابي طالب رضي الله
تعالى عنه أنه قال : ” سئل النبي عليه الصلاة والسلام عن فضائل التراويح فى شهر
رمضان فقال
يخرج المؤمن ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته أمه
وفى الليلة الثانية يغفر له وللأبوية ان كانا مؤمنين
وفى الليلة الثالثة ينادى ملك من تحت العرش؛ استأنف العمل غفر الله ماتقدم من ذنبك
وفى الليلة الرابعة له من الاجر مثل قراءة التوراه والانجيل والزابور والفرقان
وفى الليلة الخامسة أعطاه الله تعالى مثل من صلى في المسجد الحرام ومسجد المدينة والمسجد الاقصى
وفى الليلة السادسة اعطاه الله تعالى ثواب من طاف بالبيت المعمور ويستغفر له كل حجر ومدر
وفى الليلة السابعة فكأنما أدرك موسى عليه السلام ونصره على فرعون وهامان
وفى الليلة الثامنة أعطاه الله تعالى ما أعطى ابراهيم عليه السلام
وفى الليلة التاسعة فكأنما عبد الله تعالى عبادة النبى عليه الصلاة والسلام
وفى الليلة العاشرة يرزقة الله تعالى خير الدنيا والآخرة
وفى الليلة الحادية عشر يخرج من الدنيا كيوم ولد من بطن أمه
وفى الليلة الثانية عشر جاء يوم القيامة ووجهه كالقمر ليلة البدر
وفى الليلة الثالثة عشر جاء يوم القيامة آمنا من كل سوء
وفى الليلة الرابعة عشر جاءت الملائكة يشهدون له أنه قد صلى التراويح فلا يحاسبه الله يوم القيامة
وفى الليلة الخامسة عشر تصلى عليه الملائكة وحملة العرش والكرسى
وفى الليلة السادسة عشر كتب الله له براءة النجاة من النار وبراءة الدخول فى الجنة
وفى الليلة السابعة عشر يعطى مثل ثواب الأنبياء
وفى الليلة الثامنة عشر نادى الملك ياعبدالله أن رضى عنك وعن والديك
وفى الليلة التاسعة عشر يرفع الله درجاته فى الفردوس
وفى الليلة العشرين يعطى ثواب الشهداء والصالحين
وفى الليلة الحادية والعشرين بنى الله له بيتا فى الجنة من النور
وفى الليلة الثانية والعشرين جاء يوم القيامة آمنا من كل غم وهم
وفى الليلة الثالثة والعشرين بنى الله له مدينة فى الجنة
وفى الليلة الرابعة والعشرين كان له اربعه وعشرون دعوة مستجابة
وفى الليلة الخامسة والعشرين يرفع الله تعالى عنه عذاب القبر
وفى الليلة السادسة والعشرين يرفع الله له ثوابه أربعين عاما
وفى الليلة السابعة والعشرين جاز يوم القيامة على السراط كالبرق الخاطف
وفى الليلة الثامنة والعشرين يرفع الله له ألف درجة فى الجنة
وفى الليلة التاسعة والعشرين اعطاه الله ثواب الف حجة مقبولة
وفى الليلة الثلاثين يقول الله : ياعبدى كل من ثمار الجنة واغتسل من مياه السلسبيل واشرب من الكوثرأنا ربك وأنت عبدى”
يخرج المؤمن ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته أمه
وفى الليلة الثانية يغفر له وللأبوية ان كانا مؤمنين
وفى الليلة الثالثة ينادى ملك من تحت العرش؛ استأنف العمل غفر الله ماتقدم من ذنبك
وفى الليلة الرابعة له من الاجر مثل قراءة التوراه والانجيل والزابور والفرقان
وفى الليلة الخامسة أعطاه الله تعالى مثل من صلى في المسجد الحرام ومسجد المدينة والمسجد الاقصى
وفى الليلة السادسة اعطاه الله تعالى ثواب من طاف بالبيت المعمور ويستغفر له كل حجر ومدر
وفى الليلة السابعة فكأنما أدرك موسى عليه السلام ونصره على فرعون وهامان
وفى الليلة الثامنة أعطاه الله تعالى ما أعطى ابراهيم عليه السلام
وفى الليلة التاسعة فكأنما عبد الله تعالى عبادة النبى عليه الصلاة والسلام
وفى الليلة العاشرة يرزقة الله تعالى خير الدنيا والآخرة
وفى الليلة الحادية عشر يخرج من الدنيا كيوم ولد من بطن أمه
وفى الليلة الثانية عشر جاء يوم القيامة ووجهه كالقمر ليلة البدر
وفى الليلة الثالثة عشر جاء يوم القيامة آمنا من كل سوء
وفى الليلة الرابعة عشر جاءت الملائكة يشهدون له أنه قد صلى التراويح فلا يحاسبه الله يوم القيامة
وفى الليلة الخامسة عشر تصلى عليه الملائكة وحملة العرش والكرسى
وفى الليلة السادسة عشر كتب الله له براءة النجاة من النار وبراءة الدخول فى الجنة
وفى الليلة السابعة عشر يعطى مثل ثواب الأنبياء
وفى الليلة الثامنة عشر نادى الملك ياعبدالله أن رضى عنك وعن والديك
وفى الليلة التاسعة عشر يرفع الله درجاته فى الفردوس
وفى الليلة العشرين يعطى ثواب الشهداء والصالحين
وفى الليلة الحادية والعشرين بنى الله له بيتا فى الجنة من النور
وفى الليلة الثانية والعشرين جاء يوم القيامة آمنا من كل غم وهم
وفى الليلة الثالثة والعشرين بنى الله له مدينة فى الجنة
وفى الليلة الرابعة والعشرين كان له اربعه وعشرون دعوة مستجابة
وفى الليلة الخامسة والعشرين يرفع الله تعالى عنه عذاب القبر
وفى الليلة السادسة والعشرين يرفع الله له ثوابه أربعين عاما
وفى الليلة السابعة والعشرين جاز يوم القيامة على السراط كالبرق الخاطف
وفى الليلة الثامنة والعشرين يرفع الله له ألف درجة فى الجنة
وفى الليلة التاسعة والعشرين اعطاه الله ثواب الف حجة مقبولة
وفى الليلة الثلاثين يقول الله : ياعبدى كل من ثمار الجنة واغتسل من مياه السلسبيل واشرب من الكوثرأنا ربك وأنت عبدى”
Dari Ali bin Abi Thalib radhiyallahu
‘anhu berkata
bahwa Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam pernah
ditanya tentang keutamaan Shalat Tarawih pada Bulan Ramadhan. Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
·
Di malam pertama,
Orang mukmin keluar dari dosanya , seperti saat dia dilahirkan oleh ibunya.
·
Di malam kedua,
ia diampuni, dan juga kedua orang tuanya, jika keduanya mukmin.
·
Di malam ketiga,
seorang malaikat berseru di bawah Arsy: ‘Mulailah beramal, semoga Allah
mengampuni dosamu yang telah lewat.’
·
Di malam keempat,
dia memperoleh pahala seperti pahala membaca Taurat, Injil, Zabur, dan
Al-Furqan.
·
Di malam kelima,
Allah Ta’ala memberikan pahala seperti pahala
orang yang shalat di Masjid al-Haram, masjid Madinah, dan Masjid al-Aqsha.
·
Di malam keenam,
Allah Ta’ala memberikan pahala orang yang
ber-thawaf di Baitul Makmur dan dimohonkan ampun oleh setiap batu dan cadas.
·
Di malam ketujuh,
seolah-olah ia mencapai derajat Nabi Musa ‘alaihissalam dan kemenangannya atas Firaun dan
Haman.
·
Di malam
kedelapan, Allah Ta’ala memberinya apa yang pernah Dia
berikan kepada Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.
·
Di malam
kesembilan, seolah-olah ia beribadat kepada Allah Ta’ala sebagaimana ibadah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.
·
Di malam
kesepuluh, Allah Ta’ala mengaruniai dia kebaikan dunia dan
akhirat.
·
Di malam
kesebelas, ia keluar dari dunia seperti saat ia dilahirkan dari perut ibunya.
·
Di malam kedua
belas, ia datang pada hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan di malam purnama.
·
Di malam
ketigabelas, ia datang di hari kiamat dalam keadaan aman dari segala keburukan.
·
Di malam keempat
belas, para malaikat datang seraya memberi kesaksian untuknya, bahwa ia telah
melakukan shalat tarawih, maka Allah tidak menghisabnya pada hari kiamat.
·
Di malam kelima
belas, ia didoakan oleh para malaikat dan para pemikul Arsy dan Kursi.
·
Di malam keenam
belas, Allah menerapkan baginya kebebasan untuk selamat dari neraka dan
kebebasan masuk ke dalam surga.
·
Di malam ketujuh
belas, ia diberi pahala seperti pahala para nabi.
·
Di malam
kedelapan belas, seorang malaikat berseru, ‘Hai hamba Allah, sesungguhnya Allah
ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu.’
·
Di malam
kesembilan belas, Allah mengangkat derajatnya dalam surga Firdaus.
·
Di malam kedua
puluh, Allah memberi pahala para Syuhada (orang-orang yang mati syahid) dan
shalihin (orang-orang yang saleh).
·
Di malam kedua
puluh satu, Allah membangun untuknya gedung dari cahaya.
·
Di malam kedua
puluh dua, ia datang pada hari kiamat dalam keadaan aman dari setiap kesedihan
dan kesusahan.
·
Di malam kedua
puluh tiga, Allah membangun untuknya sebuah kota di dalam surga.
·
Di malam kedua
puluh empat, ia memperoleh duapuluh empat doa yang dikabulkan.
·
Di malam kedua
puluh lima, Allah Ta’ala menghapuskan darinya azab kubur.
·
Di malam
keduapuluh enam, Allah mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun.
·
Di malam
keduapuluh tujuh, ia dapat melewati shirath pada hari kiamat, bagaikan kilat
yang menyambar.
·
Di malam
keduapuluh delapan, Allah mengangkat baginya seribu derajat dalam surga.
·
Di malam kedua
puluh sembilan, Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.
·
Di malam ketiga
puluh, Allah ber firman : ‘Hai hamba-Ku, makanlah buah-buahan surga, mandilah
dari air Salsabil dan minumlah dari telaga Kautsar. Akulah Tuhanmu, dan engkau
hamba-Ku.’
Hadits ini disebutkan oleh Syaikh
al-Khubawi dalam kitab Durrotun Nashihiin, hal. 16 – 17.
Indikasi-indikasi kepalsuan hadits
Perlu diketahui bahwasanya hadits yang
munkar dan palsu membuat hati penuntut ilmu menjadi geli dan mengingkarinya. Rabi’
bin Hutsaim rahimahullah mengatakan, “Sesungguhnya hadits itu
memiliki cahaya seperti cayaha di siang hari, sehingga engkau dapat melihatnya.
Dan memiliki kegelapan seperti gelapnya malam, sehingga engkau mengingkarinya.”1
Berikut ini beberapa indikasi atas palsunya hadits
tersebut:
·
Pahala yang
terlalu besar untuk amalan yang sederhana. Banyak keutamaan-keutamaan yang
terdapat dalam hadits di atas termasuk dalam kejanggalan jenis ini, misalkan
pada lafadz “Allah memberinya pahala seribu haji yang diterima.”
·
Bahkan, yang
lebih parah adalah seseorang bisa mendapatkan pahala sebanding dengan pahala
para Nabi (keutamaan shalat tarawih malam ke-17). Hal tersebut mustahil
terjadi, karena sebanyak apapun amalan ibadah manusia biasa, tentu dia tidak
akan mampu menyamai pahala Nabi. Nubuwah merupakan pilihan dari Allah semata.
Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Allah
memilih utusan-utusan-(Nya)
dari malaikat dan dari manusia. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha
Melihat.” (QS. Al Hajj [22] : 75)2
·
Tidak terdapat
dalam kitab-kitab hadits yang mu’tamad. Hadits
tentang 30 keutamaan shalat tarawih di atas, tidak terdapat dalam kitab-kitab
hadits yang mu’tamad.
DR. Lutfi Fathullah mengatakan, “Jika seseorang mencari hadits tersebut di
kitab-kitab referensi hadits, niscaya tidak akan menemukannya.” Hal tersebut
mengindikasikan bahwa hadits tersebut adalah hadits palsu.3
Pendapat para ulama dan penuntut ilmu
Lebih jauh lagi, apabila
kita memperhatikan perkataan para ulama tentang hadits itu, tentu akan kita
dapati mereka menganggapnya hadits palsu.
Al-Lajnah ad-Da’imah pernah
ditanya tentang hadits tersebut, kemudian mereka menjawab,
كلا الحديثين لا أصل له، بل
هما من الأحاديث المكذوبة على رسول الله صلى الله عليه وسلم
“Hadits tersebut adalah hadits yang tidak ada sumbernya (laa
ashla lahu). Bahkan, hadits tersebut merupakan kebohongan atas nama
Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam.”4
Hal tersebut diperkuat oleh pernyataan DR. Lutfi Fathullah,
dimana disertasi beliau meneliti kitab Durratun
Nashihin. Beliau mengatakan:
Ada sekitar 30 persen hadits palsu dalam kitab Durratun Nashihin.
Diantaranya adalah hadits tentang fadhilah atau keutaman shalat tarawih,
(yaitu) dari Ali radhiallahu
‘anhu bahwasanya
Rasulullah shallallahu
‘alaihi wassallaam ditanya
tentang keutamaan shalat tarawih, (lalu beliau bersabda) malam pertama
pahalanya sekian, malam kedua sekian, dan sampai malam ketiga puluh.
Hadits tersebut tidak masuk akal. Selain itu, jika seseorang
mencari hadits tersebut di kitab-kitab referensi hadits, niscaya tidak akan
menemukannya.5
Sibukkan diri dengan yang Shahih
Setelah mengetahui lemahnya hadits tersebut, maka hendaklah para
penulis dan penceramah meninggalkannya, karena dikhawatirkan akan masuk dalam
sabda Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam dalam
sebuah hadits mutawatir :
من كذب علي متعمدا فليتبوأ
مقعده من النار
“Barangsiapa yang berdusta atas nama saya dengan sengaja, maka
hendaknya dia bersiap-siap mengambil tempat di Neraka”
Hendaklah mereka mencukupkan diri dengan hadits-hadits yang tsabit dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Para ulama kita mengatakan:
في صحيح الحديث شغل عن سقيمه
“Dalam hadits yang shahih terdapat kesibukan dari hadits yang lemah”6
Diantara Keutamaan Shalat Tarawih dari Hadits
yang Shahih7
Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَامَ رَمَضَانَ
إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala,
maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.”
(HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).
Yang dimaksud qiyam Ramadhan adalah shalat tarawih sebagaimana
yang dituturkan oleh Imam Nawawi (Al Minhaj Syarh Shahih Muslim,
6:39)
Selain itu, beliau beliau juga pernah mengumpulkan keluarga dan para shahabatnya. Lalu beliau
bersabda,
مَنْ قَامَ مَعَ الإِمَامِ
حَتَّى يَنْصَرِفَ كُتِبَ لَهُ قِيَامُ لَيْلَةً
“Siapa yang shalat bersama imam sampai ia selesai,
maka ditulis untuknya pahala qiyam satu malam penuh”
(HR. An-Nasai dan selainnya, dishahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam al-Irwa’ no. 447)
Semoga Allah selalu melimpahkan karunai-Nya kepada kita semua,
dan menjaga lisan-lisan kita dari perkataan dusta, apalagi berdusta atas nama
Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam.
Wallahu a’lam.
—
Catatan Kaki
1al-Maudhuu’aat 605, Ibnul Jauzi rahimahullah
2Lihat al-Manaarul Muniif hal. 55 – 105, karya Ibnul Qoyyim rahimahullah.
3Lihat Hadits-hadits Lemah dan Palsu dalam Kitab Durrotun Nashihiin, karya DR.
Ahmad Luthfi Fathullah; dan http:/majalah.hidayatullah.com/?p=1490
4Fatwa Al Lajnah Ad Daimah Lil Buhuts Wal Ifta no. 8050, juz 4, hal 476-480. Ditanda
tangani oleh Syaikh Abdul Azin bin Baaz sebagai ketua, Syaikh Abdurrazaq Afifi
sebagai wakil, Syaikh Abdullah Ghuddayan sebagai anggota dan Syaikh Abdullah
bin Qu’ud sebagai anggota.
5Lihat http:/majalah.hidayatullah.com/?p=1490
6al-Jaami’ li Akhlaaqir Raawi wa Adaabis Saami’ 1524, al-Khatiib al-Baghdaadi rahimahullah
7Lihat http://rumaysho.com/hukum-islam/shalat/2669-keutamaan-shalat-tarawih.html
Sumber : Muslim.Or.Id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar